PENGAMATAN TERHADAP AKTIVITAS YANG BERKAITAN DENGAN KONSUMEN

>> Kamis, 11 Februari 2010

Saat-saat menjelang lebaran saya mengamati salah satu pasar yang berada di daerah jakarta selatan yaitu di pasar minggu sangat di padati oleh pembali. Di pasar minggu kebanyaka barang-barang yang djual hasil dari dalam negri kita sendiri. Di dalam pasar para penjual saling mempromosikan barabg-barang dagangan mereka, dan terjadi tawar menawar harga. Dalam perilaku produsen mencangkup antara lainn product, prive, place dan promotion.Dan dari lingkup lingkunganitu sendiri dari keluarga,pengaruh kebutuhan yang dbutuhkan dari keluarga itu sendri,berbelanja d pasar pun merupakan salah satu budaya kita.
Dalam berbelanja pembali jga bergatung kepada pribadinya. Barang yang dibeli itu akan bermafaat baginya atau tidak. Apa bila barang itu sangat bermafaat baginya, pembali akan termotivasi untuk mendapatkan barang yang akan d belinya itu. Saat menjelang lebaran harga-harga barang di pasaran letatif naik semua, seperti daging, sayuran, gula dan keperluan barang-barang lebaran lainnya.
Pembeli apabila mereka sudah mendapat kecocokan harga pada saat tawar menawar harga,pembali akan menbwli barang yang dbutuhkannya itu. Proses pembalian d pesar tradisional seperti yang terjadi di pasar minggu itu prosessnya sangt lama karena pembali mencari dahulu barng yang akan di belinya dan penjualnya pun tidak hanya satu tempat, dan belum lgy kegiatan tawar menawar yang di lakukan maka dari itu proses pembaliaannya sangat lama.
Proses pengambilan keputusan diawali dengan adanya kebutuhan konsumen itu sendiri. Pemenuhan kebutuhan itu sendiri terkait beberapa alternatif sehingga perlu di lakukan pemelihan barang agar pembali mendapatkan barang yang benar-benar tepat. Setelah mendapatkan barang yang tepat pembali akan merasakannya setelah membeli barang itu,pembali akan merasa puas atau tidak puas. Apabila setelah membeli barang itu, pembali akan menilainya mereka merasakan puas atau tidak puas,apabila mereka merasakan kepuasan pembali akan terus menerus mengunakan produk barang yang di belinya itu,seperti membeli nya lagi ditempat pedangang yang di mana mereka membelinya,dan apa bila pembali tidak merasakan kepuasan, di saat mereka berbelanja lagi dia tidak akan berbelanja lagi di tempat yang dia pernah berbelanja itu.

0 komentar:

About this Blog

Seguidores

    © Angelina Trisnawati. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP