PENALARAN itu apa?????

>> Minggu, 21 Februari 2010

Definisi
Penalaran adalah proses berfikir yang bertolak dari pengamatan indra (observasi empiric) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi-proposisi yang sejenis, berdasarkan jumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, oaring menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar. Dalam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis (antesedens) dan hasil kesimpulanya disebut dengan konklusi (qonsequence).
Syarat-syarat dalam penalaran
• Suatu penalaran bertolak belakang darti pengetahuan yang sudah dimiliki seseorang akan sesuatu yang memang benar atau sesuatu yang memang salah.
• Dalam penalaran, pengetahuan yang dijadikan dasar konklusi adalah premis. Jadi semua premis harus benar. Benar disini harus meliputi sesuatu yang benar secara formal maupun material. Formal berarti penalaran memiliki bentuk yang tepat, diturunkan dari aturan-aturan berpikir yang tepat sedangkan material berarti isi atau bahan yang dijadikan sebagai premis tepat.
Prinsip dan unsure penalaran
Karangan ilmiah mengemukakan dan membahas fakta secara logis dan sistematis dengan bahasa yang baik dan benar. Ini berarti bahwa untuk menulis karangan ilmiah diperlukan kemampuan menalar secara ilmiah.
Melalui proses penalaran kita dapat sampai pada kesim[pulan yang berupa asumsi, hipotesis atau teori. Penalaran disini adalah proses pemikiran untuk memperoleh kesimpulan yang logis berdasarkan fakta yang relevan. Dengan kata lain, penalaran adalah proses penafsiran fakta sebagai dasar untuk menarik kesimpulan.
Konsep
Penalaran merupakan aktivitas pikiran yang abstrak, untuk mewujudkannya diperlukan symbol. Symbol atau lambing yang digunakan dalam penalaran berbentuk bahasa, sehingga wujud penalaran akan berupa argument.
Kesimpulannya adalah pernyataan atau konsep adalah abstrak dengan symbol berupa kata, sedangkan untuk proposisi symbol yang digunakan adalah kalimat (kalimat berita) dan penalaran menggunakan symbol berupa argument. Argumentlah yang dapat menentukan kebenaran konklusi dari premis.
Berdasarkan paparan diatas jelas bahwa tiga bentuk pemikiran manusia adalah aktivitas berpikir yang saling berkait. Tidak ada proposisi tanpa pengertian dan tidak aka nada penalaran tanpa proposisi. Bersama-sama dengan terbentuknya pengertian perluasanya akan terbentuk pula proposisi dan dari proposisi akan digunakan sebagai bpremi bagi penalar. Atau dapat juga dikatakan untuk menalar dibutuhkan proposisi sedangkan proposisi merupakan hasil dari hasil dari rangkaian pengertian.

Sumber :
http://www.penalaran-unm.org/index.php/artikel-nalar/wacana/173.html?task=view
http://apadefinisinya.blogspot.com/2009/12/penalaran-dalam-karangan.html

0 komentar:

About this Blog

Seguidores

    © Angelina Trisnawati. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP