Bagaimana pengaruh keluarga dan rumah tangga serta pengaruh situasi yang menjadi dasar dari perilaku konsumen.

>> Jumat, 26 Februari 2010

Keluarga merupakan suatu kelompok dua orang atau lebih yang sudah dikaitkan dengan adanya ikatan hubungan darah, perkawinan atau kebersamaan yang tinggal dalam satu rumah. Tetapi keluarga bias disebut dengan rumah tangga karena terdiri dari adanya kepala rumah tangga yaitu ayah,ada ibu dan ada anak,terkadang ada saudara yang melengkapi, namun ada jga yang mengemukakan kalau rumah tangga itu bukan keluarga. Namun, dalam konteks perilaku konsumen, rumah tangga dan keluarga biasanya dioerlakukan sebagai hal yang sama karena adanya hubungan darah dan perkawinan.
Masyarakat barat memiliki tipe keluarga yang mendominasi pasangan yang menikah, sebagai beberapa golongan yaitu tipe keluarga yang sederhana, keluarga inti dan keluarga yang diperluas. Dalam tipe keluarga yang sederhana didalamnya hanya ada seorang suami da seorang istri tanpa adanya seorang anak, sedangkan adanya suami istri dan anak merupakan suatu tipe keluarga inti, dan tipe keluarga yang diperluas itu merupakan barsatunya keluarga inti dengan diperlengkapnya adanya saudara serta nenek/kakek.
Pengambilan keputusan adalah salah satu bahasan yang terdapat dalam pembahasan prilaku konsumen,dan dalam pengambilan keputusan ,keluarga mempunyai peran penting dalam dukungan yang sangatlah erat untuk kita dapat mengambil suatu keputu. Oleh karena itu keluarga memang memiliki pengaruh penting dalam hal apapun, karena keluarga adalah bagian paling dekat dengan kita.

0 komentar:

About this Blog

Seguidores

    © Angelina Trisnawati. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP