PENALARAN INDUKTIF

>> Sabtu, 06 Maret 2010

Apa yang dimaksud dengan penalaran induktif itu??
Penalaran induktif merupakan suatu proses atau prosedur yang berpakal dari peristiwa khusus sebagai hasil pengamatan, untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus yang prosesnya disebut dengan induksi. Dengan demikian berfikir secara induktif merupakan suatu cara berfikir yang mengambil dari berbagi macam kasus yang unik atau khususyang kemudian dikembangkan menjadi suatu pemikiran yang menggabungkan kasus-kasus khusus tersebut kedalam suatu bentuk pemahaman yang umum dengan secara singkat, berfikir secara induktif berarti berfikir dari kasus khusus menjadi menjadi kasus umum. Penalaran ini memudahkan untuk memetakan suatu masalah sehingga dapat dipakai dalam masalah lain.
Catatan bagaimana penalaran induktif ini bekerja adalah meski premis-premis yang diangkat benar dan cara penarikan kesimpulannya sah, kesimpulannya belum temtu benar, namun kesimpulan tersebut memiliki peluang untuk benar.
Contoh kasus :
Manusia itu bernafas, anjing itu bernafas, kucing itu bernafas, tumbuhan itu bernafas.
Jadi kesimpulanya adalah semua makhluk hidup itu bernafas.
Berfikir secara induktif merupakan suatu alat geberalisasi, analogi atau yang berhubungan dengan sebab akibat dari pemikiran kita untuk kemudian dijadikan suatu pegangan umum atas kejadian tertentu. (Generalisasi adalah proses penalaran yang berdasarkan pengamatan atas sujumlah gejala dengan sifat tertentu mengenai semua atau sebagaian gejala serupa. Di dalam analogi kesimpulan tentang kebenaran suatu gejala ditarik kesimpulan berdasarkan pengamatan terhadap sejumlah masalah khusus yang sama. Dan hubungannya dengan sebab akibat adalah hubungan ketergantungannya antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebab-akibat, akibat-sebab dan akibat-akibat. Penalaran ini juga membutuhkan banyak sample untuk mempertinggi tingkat ketelitian premis yang diangkat, untuk itu penalaran induktif erat dengan pengumpulan data statistic. Proses ini dilakukan dengan langkah demi langkah sehingga sampai pada kesimpulan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/penalaran#metode_induktif
http://haqqie.wordpress.com/2007/01/12/berfikir-induktif/

0 komentar:

About this Blog

Seguidores

    © Angelina Trisnawati. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP