HAKIKAT KARYA ILMIAH

>> Sabtu, 20 Maret 2010

Karya Ilmiah adalah suatu karya tulis yang penyusunan dan penyajiannya berdasarkan dari kajian dan cara kerja ilmiah. Penyusunan dan penyajian karya didahului oleh studi pustaka dan studi lapangan terlebih dahulu. Karya ilmiah itu sendriberbentuk laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau kajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat.
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang menyajikan gagasan, diskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur dan mengunakn bahasa yang baku yang didukung dengan adanya fakta, teori yang disertai bukti-bukti empirik. Karya ilmiah mempunyai fungsi sebagai rujukan, untuk meningkatkan wawasan, serta menyebarkan ilmu pengetahuan. Bagi penulis karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, berlatih mengintegrasikan gagasan yang disajikan secara sistematis dan memperluas wawasan serta memberikan kepuasan intelektual.
CIRI-CIRI KARYA ILMIAH
• Merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (factual objek) ->fakta yang sesuai dengan yang diteliti.
• Besufat metodis dan sistematis -> dalam pembahasan masalah digunakan metode tertentu dengan langkah yang teratur dan terkontrol secara tertib dan rapi.
• Tulisan ilmiah menggunakan laras ilmiah -> laras bahasa harus baku dan formal. Selain itu laras ilmiah harus lugar agar tidak ambigu.
Dalam karya ilmiah ada 4 asoek yang menjadi karakteristik utamanya,yaitu :
• Struktur sajian
Struktur sajian kaya uilmiah sangat ketat, biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.
• Komponen dan substansi
Komponen karya ilmiah bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup dan daftar pustaka.
• Sikap penulis
Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.
• Penggunaan bahasa
Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yamg tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.
MACAM-MACAM KARYA ILMIAH
1. Karanga ilmiah : memiliki aturan baku dan sejumlah perdyaratan khusus yang menyangkut metode dan penggunaan bahasa.
Missal : makalah, laporan, skripsi, tesis, disertasi.
2. Karangan non ilmiah : karangan yang tidak terikat pada karangan baku.
Missal : anekdot, opini, dongeng, hakikat, cerpen, novel, roman dan naskah drama.
3. Karangan semi ilmiah atau ilmiah popular : karakteristiknya berbeda di antara ilmiah dan non ilmiah.
Missal : artikel, editorial, opini, feuture, reportase.
SIKAP ILMIAH
1. Ingin tahu.
2. Kritis.
3. Terbuka.
4. Objektif.
5. Menghargai karya orang lain.
6. Berabi mempertahankan kebenaran.
7. Menjangkau kedepan.

Sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/hakikat-karya-ilmiah-ciri-ciri-jenis-karya-ilmiah-sikap-ilmiah-dan-kesalahan-dalam-penulisan-ilmiah/
http://noorifada.files.wordpress.com/2009/08/mpi_02-karya=ilmiah.pdf

0 komentar:

About this Blog

Seguidores

    © Angelina Trisnawati. Friends Forever Template by Emporium Digital 2009

Back to TOP